Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa RKP Desa Sukowilangun 2024

  • Sep 16, 2023
  • SUKOWILANGUN.KALIPARE

Bertempat di balai Desa Sukowilangun pada tanggal 14 September 2023 telah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2024. Kegiatan dihadiri dari unsur Kepala Desa dan perangkat desa, Kasi Pemerintahan Kecamatan Kalipare, Lembaga Kemasyarakatan Desa, perwakilan lembaga pendidikan di desa, tenaga kesehatan/bidan, kelompok masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama.

Drs. Slimuryanto Kepala Desa Sukowilangun dalam sambutannya menyampaikan, bahwa “usulan sudah dimusyawarahkan di dusun. Sudah ada tim yang menyusun. Hari ini diundang semua dari kelompok yang ada dari kelompok usaha, kelompok pendidikan, gapoktan, lembaga pendidikan”.

Kehadiran dalam kegiatan Musrenbangdes Sukowilangun mendapat apresiasi dari Bapak Nanang Selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Kalipare dalam sambutannya menyampaikan, bahwa “Desa Sukowilangun merupakan desa ke 4 yang menyelenggarakan Musrenbangdes, dan apresiasi untuk Desa Sukowilangun karena semua perwakilan kelompok dan lembaga hadir, terimakasih kepada warga Sukowilangun”.

Kegiatan Musrenbangdes merupakan agenda tahunan dalam siklus perencanaan desa. Sesuai dengan Peraturan Bupati 4/2016 tentang Pedoman Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa, bahwa penyusunan RKPDes dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan september tahun berjalan.

Dalam kegiatan Musrenbangdes membahas beberapa hal diantaranya; membahas dan menyepakati terkait rancangan RKPDesa, membahas dan menyepakati Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) dan Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD), membahas dan menyepakati tim pengelola kegiatan. (Ndik)